CARING AND SHARING

My photo
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Surrendering to the Will of God is UNIVERSAL and NATURAL

Wednesday, September 14, 2011

PENGEMBANGAN KURIKULUM (THE COURSE OUTLINE)

1. Mata Kuliah: Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pengajaran.

2. Sks/Semester: 2/5

3. Jurusan: Pendidikan Bahasa

4. Dosen Pembina: Dr. Amrin Batubara, S.Pd., M.Pd.

5. Deskripsi mata kuliah:
Pembahasan prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum dan silabus, isi dan organisasi kurikulum, Perencanaan Pengajaran.

6. Standar Kompetensi:
Memahami faktor-faktor penyebab pengembangan kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia serta memahami konsep dasar pengembangan kurikulum, dan Perencanaan Pembelajaran yang berlaku dalam kegiatan pembelajaran.

7. Tujuan:
Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum untuk mengembangkan kurikulum dan silabus, isi dan organisasi kurikulum, serta mampu merencanakan pembelajaran di dalam penerapan KTSP.

8. Jadwal dan materi Perkuliahan:

Pertemuan 1: Perkenalan dan Pembahasan Kontrak Kuliah
serta Pengelompokan.

Pertemuan 2: Kurikulum dan Silabus (Group 1)
a.Pengertian Kurikulum dan Silabus.
b.Komponen dan Model Kurikulum.
c.Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum.
d.Silabus Pengajaran Bahasa.

Pertemuan 3: Peran dan Perkembangan Kurikulum (Group 2)
a.Apa peran kurikulum dalam kegiatan pembelajaran.
b.Kurikulum apa saja yang pernah berlaku di Indonesia.
c.Mengapa Kurikulum selalu berganti?
d.Apa perbedaan esensinya?

Pertemuan 4: Penyempurnaan Kurikulum 2006 (Group 3)
a.Apa KTSP itu?
b.Landasan yuridis KTSP.
c.Landasan empiris perubahan KTSP.
d.Landasan teoritis KTSP.

Pertemuan 5: Kurikulum Berbasis Kompetensi.(Group 4)
a.Apa KBK itu?
b.Perbedaan KBK dengan KTSP.
c.Ciri-ciri KBK.
d.Pengertian Kompetensi dalam KBK.
e.Dasar Pemikiran Kompetensi Dijadikan Basis Kurikulum.

Pertemuan 6: Pengembangan KTSP. (Group 5)
a.Konsep Dasar KTSP.
b.Tujuan KTSP.
c.Karakteristik KTSP.
d.Prinsip pengembangan KTSP.
e.Strategi pengembangan RPP.
f.Acuan Operasional Penyusunan KTSP.

Pertemuan 7: Mekanisme Penyusunan KTSP. (Group 6)
a.Pembentukan Tim.
b.Penyusunan Draf.
c.Revisi dan Finalisasi.
d.Pengesahan KTSP.
e.Format Kemasan Dokumen KTSP.

Pertemuan 8: Penyusunan KTSP (Group 1)
a.Proses Penyusunan KTSP.
b.Mengembangkan Komponen KTSP.
-Visi dan Misi Satuan Pendidikan.
-Tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan.
-Menyusun Kalender Pendidikan.
-Struktur Muatan KTSP.

Pertemuan 9: UTS.

Pertemuan 10: Isi KTSP. (Group 2)
a.Komponen KTSP.
b.Struktur KTSP.
c.Muatan KTSP.
d.Profil Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Pertemuan 11: Pelaksanaan KTSP. (Group 3)
a.Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam
Pelaksanaan KTSP.
b.Diversifikasi Kurikulum.
c.Bahasa pengantar, jumlah hari dan minggu
efektif dalam 1 tahun, pengembangan diri,
remedi, pengayaan dan akselerasi.
d.Membuat Promes/Prota

Pertemuan 12: Pengembangan Silabus Berbasis KTSP.(Group 4)
a.Prinsip Pengembangan Silabus.
b.Tugas dan Tanggung jawab Pengembangan Silabus.
c.Prosedur Pengembangan Silabus.
d.Proses Pengembangan Silabus.
e.Format Silabus berbasis KTSP.
f.Model Silabus Berbasis KTSP.

Pertemuan 13: Pengembangan RPP (Group 5)
a.Hakikat perencanaan.
b.Fungsi RPP.
c.Prinsip pengembangan RPP.
d.Cara pengembangan RPP.
e.Format RPP.

Pertemuan 14: Perencanaan muatan local dan pengembangan diri;
Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian. (Group 6)

Pertemuan 15: Umpan balik.

Pertemuan 16: UAS.

9. Referensi:
a. Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Panduan
Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: BNSP.
b. Mulyana, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
c. Mulyasa, E. (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
d. Sudirman, N. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja
Karya.

10. Sistem Penilaian:
A = Nilai tugas
Q = Nilai Quiz
M = Nilai UTS
F = Nilai UAS

Nilai akhir = { ( 4 x A+Q ) + ( 2 x M ) + ( 4 x F ) } : 10

Interval Nilai:
A = 90–100; AB = 81-89; B = 76-80; BC = 61-75;

C = 55-60; D = 41-54; E = 0-40

No comments:

Post a Comment