CARING AND SHARING

Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Surrendering to the Will of God is Beautiful

Wednesday, September 14, 2011

PENGEMBANGAN KURIKULUM (THE COURSE OUTLINE)

1. Mata Kuliah: Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pengajaran.

2. Sks/Semester: 2/5

3. Jurusan: Pendidikan Bahasa

4. Dosen Pembina: Dr. Amrin Batubara, S.Pd., M.Pd.

5. Deskripsi mata kuliah:
Pembahasan prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum dan silabus, isi dan organisasi kurikulum, Perencanaan Pengajaran.

6. Standar Kompetensi:
Memahami faktor-faktor penyebab pengembangan kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia serta memahami konsep dasar pengembangan kurikulum, dan Perencanaan Pembelajaran yang berlaku dalam kegiatan pembelajaran.

7. Tujuan:
Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum untuk mengembangkan kurikulum dan silabus, isi dan organisasi kurikulum, serta mampu merencanakan pembelajaran di dalam penerapan KTSP.

8. Jadwal dan materi Perkuliahan:

Pertemuan 1: Perkenalan dan Pembahasan Kontrak Kuliah
serta Pengelompokan.

Pertemuan 2: Kurikulum dan Silabus (Group 1)
a.Pengertian Kurikulum dan Silabus.
b.Komponen dan Model Kurikulum.
c.Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum.
d.Silabus Pengajaran Bahasa.

Pertemuan 3: Peran dan Perkembangan Kurikulum (Group 2)
a.Apa peran kurikulum dalam kegiatan pembelajaran.
b.Kurikulum apa saja yang pernah berlaku di Indonesia.
c.Mengapa Kurikulum selalu berganti?
d.Apa perbedaan esensinya?

Pertemuan 4: Penyempurnaan Kurikulum 2006 (Group 3)
a.Apa KTSP itu?
b.Landasan yuridis KTSP.
c.Landasan empiris perubahan KTSP.
d.Landasan teoritis KTSP.

Pertemuan 5: Kurikulum Berbasis Kompetensi.(Group 4)
a.Apa KBK itu?
b.Perbedaan KBK dengan KTSP.
c.Ciri-ciri KBK.
d.Pengertian Kompetensi dalam KBK.
e.Dasar Pemikiran Kompetensi Dijadikan Basis Kurikulum.

Pertemuan 6: Pengembangan KTSP. (Group 5)
a.Konsep Dasar KTSP.
b.Tujuan KTSP.
c.Karakteristik KTSP.
d.Prinsip pengembangan KTSP.
e.Strategi pengembangan RPP.
f.Acuan Operasional Penyusunan KTSP.

Pertemuan 7: Mekanisme Penyusunan KTSP. (Group 6)
a.Pembentukan Tim.
b.Penyusunan Draf.
c.Revisi dan Finalisasi.
d.Pengesahan KTSP.
e.Format Kemasan Dokumen KTSP.

Pertemuan 8: Penyusunan KTSP (Group 1)
a.Proses Penyusunan KTSP.
b.Mengembangkan Komponen KTSP.
-Visi dan Misi Satuan Pendidikan.
-Tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan.
-Menyusun Kalender Pendidikan.
-Struktur Muatan KTSP.

Pertemuan 9: UTS.

Pertemuan 10: Isi KTSP. (Group 2)
a.Komponen KTSP.
b.Struktur KTSP.
c.Muatan KTSP.
d.Profil Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Pertemuan 11: Pelaksanaan KTSP. (Group 3)
a.Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam
Pelaksanaan KTSP.
b.Diversifikasi Kurikulum.
c.Bahasa pengantar, jumlah hari dan minggu
efektif dalam 1 tahun, pengembangan diri,
remedi, pengayaan dan akselerasi.
d.Membuat Promes/Prota

Pertemuan 12: Pengembangan Silabus Berbasis KTSP.(Group 4)
a.Prinsip Pengembangan Silabus.
b.Tugas dan Tanggung jawab Pengembangan Silabus.
c.Prosedur Pengembangan Silabus.
d.Proses Pengembangan Silabus.
e.Format Silabus berbasis KTSP.
f.Model Silabus Berbasis KTSP.

Pertemuan 13: Pengembangan RPP (Group 5)
a.Hakikat perencanaan.
b.Fungsi RPP.
c.Prinsip pengembangan RPP.
d.Cara pengembangan RPP.
e.Format RPP.

Pertemuan 14: Perencanaan muatan local dan pengembangan diri;
Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian. (Group 6)

Pertemuan 15: Umpan balik.

Pertemuan 16: UAS.

9. Referensi:
a. Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Panduan
Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: BNSP.
b. Mulyana, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
c. Mulyasa, E. (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
d. Sudirman, N. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja
Karya.

10. Sistem Penilaian:
A = Nilai tugas
Q = Nilai Quiz
M = Nilai UTS
F = Nilai UAS

Nilai akhir = { ( 4 x A+Q ) + ( 2 x M ) + ( 4 x F ) } : 10

Interval Nilai:
A = 90–100; AB = 81-89; B = 76-80; BC = 61-75;

C = 55-60; D = 41-54; E = 0-40

No comments:

Post a Comment