CARING AND SHARING

My photo
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Surrendering to the Will of God is UNIVERSAL and NATURAL

Saturday, April 2, 2011

PELATIHAN SYNERGY BUILDING

Pelatihan Synergy Building

CAHAYA INSANI

Mencerahkan dan memberi solusi untuk:

Empowering people to enhance work performance


The Importance of Synergy:
Perusahaan atau institusi apapun dengan ciri khas yang dimilikii selalu tidak lepas dari masalah, baik yang berkenaan dengan problem proses pengelolaan pekerjaan maupun pengelolaan manusia yang datang silih berganti dan harus diselesaikan dengan cepat, tepat, dan akurat. Diantara sekian masalah yang muncul itu tentu tidak mungkin dapat diselesaikan dengan perlakuan yang serupa terlebih sama, karena perbedaan ragam masalah yang muncul, bagaimanapun, menunjukkan perbedaan cara penanganan dan pemberian solusi yang berbeda pula.

Institusi atau perusahaan yang tangguh adalah mereka yang mampu dengan tepat, cepat, dan akurat, menyelesaikan semua persoalan yang ada dengan semangat ketangguhan kerjasama Team, kekuatan leadership, dan kualitas SDM yang dimiliki. Namun tidak semua institusi atau perusahaan memiliki ketiga kekuatan tersebut pada saat yang sama, terlebih disaat problem yang terkait muncul pada keadaan dimana institusi tersebut sedang tumbuh dan berkembang sehingga penundaan penyelesaian persoalan yang terkait tersebut akan berakibat pada kegagalan pencapaian institusi atau perusahaan itu sendiri. Pada kondisi yang demikian diperlukan fasilitasi yang dapat mensinergikan potensi sumber daya manusia perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, pada saat Indosat dan Satelindo merger, selama kurang lebih enam bulan mengalami stagnasi produktifitas. Padahal dibalik keduanya terdapat SDM handal yang melimpah. Menyadari hal tersebut Indosat melakukan proses synergy building melalui pelatihan. Dan terbukti kemudian, pada tahun berikutnya produktifitas dan labanya meningkat luar biasa.

Proses sinergi pada dasarnya adalah proses pembentukan team, dengan menggabungkan keunggulan masing-masing SDM, mengubah sikap dan perilaku, saling menghargai, saling percaya, proaktif, sehingga menjadi team tangguh. Ini di contohkan oleh Mancester United, sebuah club sepak bola di Inggris, yang di era 1980 an hanya menjadi team biasa dan hampir tidak diperhitungkan, sekarang bagaimanapun mampu menjadi tim terbaik yang sangat diperhitungkan tidak hanya dinegerinya sendiri bahkan mendunia oleh karena tim tersebut dengan polesan Sir Alex Fergeuson mampu mensinergikan potensi leadership, team-work, dan sumberdaya lain secara maksimal.

What is CI Training?
CI TRAINING adalah lembaga yang berusaha membantu institusi/perusahaan memperoleh puncak kegemilangan dan kesuksesan yang diharapkan sehingga perusahaan tersebut mampu memperoleh performa yang optimal. Kami akan sangat menghargai kepercayaan dengan pelayanan sebaik-baiknya kepada setiap pemberian kepercayaan. Berikut ini beberapa institusi yang telah mempercayakan peningkatan dinamika team dan kepemimpinan kepada CI seperti; SMA Muhammadiyah 2 Pucang Surabaya, Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Anggota Dewan PAN se-Jawa Timur (2 angkatan), Pengurus Wilayah Muhammadiyah se-Jawa Timur (14 angkatan), karyawan, aktivis, dan mahasiswa baru UMG (2004-2005), dll.

Secara umum CI menfasilitasi klien dengan menekankan sepenuhnya pada problem umum yang dihadapi yaitu Synergy Building, Leadership, dan teamwork, yang pada akhirnya diharapkan mampu menumbuhkan kerjasama tim dan kepemimpinan yang tangguh.

The Process to Help Institution:
Sebagai tahap awal untuk mengetahui lebih detail tentang jenis problem sinergi dan leadership yang dihadapi, Identifikasi kebutuhan adalah langkah yang mutlak harus dilakukan untuk memperoleh jenis dan karakter masalah yang dihadapi sehingga diharapkan dapat digunakan untuk menentukan pilihan program pelatihan yang tepat. Need identification ini umumnya dilakukan dengan diskusi dan dialog yang intens antara CI dan pihak pemberi kepercayaan.
Langkah berikutnya adalah menyusun program, yang tentu saja hasil need identification adalah pertimbangan utamanya. Yang Terakhir adalah penentuan model pelaksanaan yang tepat, yang sesuai dengan harapan institution.

Training Model

Target:
Target yang diharapkan dari model pelatihan yang diberikan terfokus pada dua problem umum yang selalu muncul yaitu membantu client dengan tepat mempercepat penyelesaikan persoalan tentang pengelolaan pekerjaan dan yang kedua adalah membantu mempercepat perbaikan hubungan orang perorang. Prinsip dan target alternativnya adalah:

- Mengokohkan nilai universal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi pribadi yang kokoh (adversity quotient) dan nilai-nilai sosial yang relevan (emotional and spiritual quotients) untuk dinamika kelompok dan kepemimpinan

- Memberikan pengalaman membangun group dinamics dan menjadi pemimpin yang tangguh.

Method and Process:
Pendekatan yang dipakai dalam pelatihan ini menyesuaikan alur teori proses sinergi yang umumnya terjadi, melalui:
- Fase forming (pembentukan kekelompokan), yang merupakan fase awal terbentuknya kekelompokan dengan ditandai hilangnya kekakuan dalam interaksi antar individu, saling mengenal dan membuka identitas diri, setiap anggota merasa pada satu kesatuan kelompok, suasana nyaman bagi setiap anggota, dan terciptanya pola hubungan.

- Fase storming (panca roba), merupakan fase ketidakpastian dalam kelompok yang ditandai dengan saling memahami kelebihan dan kekurangan, orientasi pada prioritas, konflik dapat dikontrol, perbedaan pendapat diminimalkan, terbukanya jalur-jalur interaksi antar anggota, dan terbentuknya pola kerjasama kelompok.

- Fase norming (pembentukan norma), merupakan fase yang ditandai dengan terciptanya motivasi berprestasi kelompok, pengelolaan sumber daya yang maksimal, pola interaksi yang inovatif, produktivitas dan sinergi, dan terbentuknya kerjasama kelompok yang terpadu.

- Fase performing (berprestasi), fase yang ditandai dengan terjadinya sinergi kelompok, prestasi kerja optimal, dan kelompok yang sukses.
Untuk melakukan fasisilitasi tahapan proses ini, metode pelatihan menggunakan pendekatan andragogy, dimana peserta ditempatkan sebagai seorang yang telah dewasa, sehingga harus mengalami dan merasakan setiap proses melalui berbagai macam permainan untuk memperoleh nilai – nilai yang diharapkan dengan sendirinya.

Waktu:
Untuk memperoleh pencapaian yang maksimal dibutuhkan waktu pelatihan kurang lebih 20 jam. Rentang waktu antara 2 sampai 3 hari dengan pelaksanaan fasilitasi antara pukul 08.00 sampai dengan 22.00 setiap harinya.

Peserta dan Biaya:
Clients dapat memilih dua alternatif model pembiayaan sesuai yang diinginkan:

a. Hanya menfasilitasi (tanpa akomodasi dan Hotel): Rp.12.000.000. untuk 60 peserta

b. Peserta diatas 70 orang @ Rp. 1.000.000, dengan fasilitas:
- Lokasi pelatihan yang nyaman
- Penginapan hotel
- Konsumsi dengan mutu gizi terjamin
- T. Shirt
- Sertifikat
- Video CD proses pelatihan (untuk kelompok)

Fasilitator:
Tim fasilitator oleh CI Synergy Building Team (CISBT Team), secretariat Jl. Brantas No.13. Gresik.
Contact person: 085 645 661 076 (Dr. Khoirul Anwar, M.Pd.),
atau 081 332 663 238 (Dr. Amrin Batubara, M.A.)

Fasilitator:
Dr. Khoirul Anwar, S.Pd, M.Pd.
Dr. Nur Laily, Dra, M.Si.
Dr. Amrin Batubara, S.Pd., M.Pd.
Tri Ariprobowo, SE, M.Si.

Empowering people to enhance work performance!!!

SYNERGY BUILDING TRAINING is a smart solution

No comments:

Post a Comment